Kalibiru merupakan destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo, akhir-akhir ini wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.

Tak bisa dipungkiri bahwa Kalibiru memang merupakan salah satu desa wisata di Kulon Progo yang patut menjadi contoh bagi desa lain yang memiliki potensi wisata, warga lokal di Kalibiru sadar akan potensi pariwisata kemudian bahu membahu membangun fasilitas dan wahana untuk menarik pengunjung sebanyak banyaknya.

Dari sektor pariwisata ini para warga lokal bisa mendapat pendapatan sampingan yang lebih jika dibandingkan dengan bertani atau beternak, selain menjadi pengelola para warga di Kalibiru juga banyak yang berdagang mendirikan warung sebagai tempat para wisatawan istirahat atau membeli sesuatu.

Namun terkadang yang jadi kendala dan masalah yang sering dikeluhkan oleh para wisatawan ataupun warga di Kalibiru adalah akses jalannya yang terbilang ektrem terjal berliku dan sempit dilalui mobil, desa wisata Kalibiru memang terletak di daerah perbukitan Menoreh yang membentang dan menjadi batas wilayah antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Untuk sampai ke tujuan kita bisa menemukan satu-satunya waduk yang ada di Kulon Progo yaitu Waduk Sermo yang menjadi penopang irigasi dan PDAM daerah Kulon Progo hingga sekitarnya. Waduk Sermo juga menjadi salah satu wisata unggulan yang ada di bukit Menoreh dan sering dikunjungi wisatwan sebagai pilihan alternatif untuk istirahan sambil bersantai menikmati alunan riak air waduk.

Setelah melewati waduk, perjalanan akan lebih berat lagi karna medan yang dilalui mulai terjal menanjak wilayah perbukitan menoreh. Posisi kalibiru berada pada titik elevasi 450 mdpl, jika kita start perjalanan dari kota Jogja maka kurang lebih akan sampai 1,5 jam pejalanan menempuk jarak 37 km lebih. Oleh sebab itu hendaknya sebelum berangkat cek lah terlebih dahulu kendaraan kamu, pastikan mesin dan terutama rem dalam keadaan baik.

Setelah sampai ke lokasi Kalibiru maka semua perjuangan melewati trek yang terjal akan terasa terbayarkan, disini kita dapat menemukan salah satu spot paling indah yang ada di Yogyakarta, pemandangan lanskap terbentang luas sejauh mata memandang, kita bisa melihat Waduk yang baru saja kita lewati tadi dari atas sini.

Banyak fasilitas dan wahana yang telah dibangun warga untuk menarik perhatian, salahsatunya adlah wahan flying fox, namun yang paling sering ramai dan kadang sampai mengantri adalah spot atau tempat yang dibangun di atas batang pohon, spot ini sering jadi rebutan wisatawan yang hendak berfoto, karna view nya yang memang tak meragukan lagi keindahannya, viewnya menghadap arah barat terbentang keindahan perbukitan dan waduk sermo.

comments are closed .